Sabtu, 18 Januari 2014

Tanda Insomnia dan tips menghilangkannya

Insomnia merupakan Suatu gangguan atau kelainan dalam tidur yang berupa kesulitan untuk tidur atau kesulitan mempertahankan tidur. Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gangguan yang memiliki berbagai penyebab, diantaranya  kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit, pola tidur yang tidak teratur (pola hidup yang tidak sehat) atau adanya permasalahan psikologis seperti stress yang berkepanjangan. Bahkan kadang seseorang dapat sulit tidur karena badan dan otaknya tidak lelah.


Tanda Insomnia dan tips menghilangkannya

Menurut lama terjadinya, Insomnia terdiri dari 3 jenis, yaitu

1. Bila insomnia berjalan kurang dari 1 minggu maka tergolong jenis insomnia sesaat.
2. Bila tanda-tanda insomnia berjalan antara 1-3 minggu maka tergolong dalam insomnia periode pendek.
3. Bila insomnia berjalan melebihi 3 minggu maka ia termasuk insomnia kritis.

Pemicu penyebab terjadinya insomnia ini berbeda-beda, seperti kondisi medis, psikiatris, faktor kondisional atau terutama masalah tidur. Sebagian penyebab umum insomnia sesaat dan periode pendek yaitu problem kebisingan atau suara gaduh yang mengganggu saat tidur, pergantian jam kerja, suhu ruangan yang tidak nyaman, pengaruh obat-obatan, dan lain-lain. Sedangkan untuk insomnia kronis dipicu oleh tingkat stres, kekhawatiran dan depresi.

Sebagai peringatan bagi kita, ada beberapa tanda-tanda utama insomnia, yaitu :

1. Kesusahan untuk mengingat sesuatu
2. Gampang marah dan gangguan hubungan sosial.
3. Masalah koordinasi gerak motorik.

Lalu bagaimana jika Anda mengalami insomnia?
Tenang. Ada beberapa tips untuk menghilangkan insomnia.

1. Coba untuk bermeditasi selama 15 menit ketika akan tidur. 
Saat pikiran kita tidak enjoy/rileks, maka dapat menyebabkan susah untuk tidur.
2. Biasakan tidur dari jam 10 malam.
Menurut ayurveda (ilmu kesehatan hindia) tidur pada jam 10 malam dapat mendapatkan kualitas tidur yang sangat baik. Jika melebihi dari jam 10 malam maka dapat mengurangi dari kualitas tidur tersebut.
3. Minumlan air putih sebanyak-banyaknya untuk membantu membuang racun dan zat beresiko lain dari dalam tubuh.
4. Lakukan pemijatan tubuh ketika akan mandi sekurang-kurangnya 1x-2x dalam 1 minggu.
5. Bila sebelum tidur anda merasakan tidak tenang/gelisah, coba mendengarkan lagu yang menenangkan atau membaca buku yang bisa me-rileks-kan pikiran Anda.
6. Jauhilah makanan dan minuman yang memiliki kandungan kafein sebelum tidur seperti kopi, cokelat, minuman bersoda, dan lain-lain.
7. Buat situasi kamar yang nyaman dan tenang
8. Jauhi pemakaian obat tidur dikarenakan cuma dapat membuat anda merasa tergantung padanya.
9. Olahraga yang rutin, dikarenakan dengan berolahraga bikin tubuh jadi lebih fit dan sehat.

Semoga Bermanfaat.