1/10/2014

Dampak Terlalu Banyak Tidur bagi Kesehatan

Istirhat atau tidur merupakan hal yang penting dalam hidup kita, karena itu setiap orang pasti membutuhkannya. Selain untuk menjaga agar tubuh kita tetap fit, tidur juga bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja otak kita, melancarkan sistem pencernaan, dan lain sebagainya.  Namun terlalu banyak tidur juga bisa berdampak buruk. Seperti kata pepatah, 'segala sesuatu itu ada takarannya. Kurang akan berdampak tidak baik, apalagi berlebihan'. Terlalu banyak tidur seringkali dikaitkan dengan banyak penyakit serius, bahkan kematian. 
 Sakit kepala akibat Terlalu banyak tidur


Ada beberapa hal yang merupakan dampak negatif dari terlalu banyak tidur, diantaranya adalah sebagai berikut

1. Diabetes

Diabetes yang berkaitan dengan tingkat gula darah ternyata tak hanya dipengaruhi oleh makanan. Kebiasaan seperti terlalu banyak tidur atau kurang tidur di malam hari juga berkaitan dengan penyakit ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak tidur di malam hari atau kurang tidur mampu meningkatkan risiko terkena diabetes.

2. Obesitas

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa menyebabkan seseorang menambah berat badan. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang tidur sembilan hingga 10 jam setiap malam memiliki risiko obesitas 21 persen lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur antara tujuh sampai delapan jam setiap malam. Jumlah olahraga dan jenis makanan yang dikonsumsi bahkan tak mempengaruhi risiko tersebut.

3. Sakit kepala

Bagi beberapa orang seperti yang berusia muda, tidur lebih lama dari biasanya, misalkan ketika liburan atau dalam perjalanan bisa menyebabkan sakit kepala. Peneliti percaya bahwa terlalu banyak tidur berimbas pada neurotransmitter pada otak, termasuk serotonin. Orang yang terlalu banyak tidur di siang hari dan menyebabkan mereka susah tidur di malam hari juga seringkali mengalami sakit kepala pada pagi harinya.

4. Sakit punggung

Konon, ketika seseorang sakit punggung dokter akan menyuruh mereka tidur. Namun kini hal tersebut sudah tak berlaku. Saat ini dokter malah menyuruh pasien untuk melakukan beberapa kegiatan ringan untuk melawan rasa sakit pada punggung, serta menyuruh pasien mengurangi tidur.

5. Penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan oleh The Nurses Health Study pada 72.000 wanita menemukan bahwa wanita yang tidur sembilan sampai 11 jam dalam sehari memiliki risiko 38 persen lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung. Meski begitu, peneliti belum menemukan alasan pasti mengenai keterkaitan penyakit jantung dengan terlalu lama tidur. 

Kurang tidur maupun terlalu banyak tidur bukanlah hal yang baik. Mencukupi kebutuhan tidur sewajarnya adalah hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari banyak penyakit.

Semoga Bermanfaat.
Load disqus comments

1 komentar: