Sleep Apnea. Apakah itu?

Banyak orang mendengkur. Kurang lebih satu per lima dari penduduk dunia 'suka' mendengkur saat tidur. Mendengkur yang seringkali membuat orang-orang di dekatnya merasa terganggu bisa disebabkan oleh berbagai hal. Dan yang perlu diketahui adalah para pendengkur dan orang-orang di sekitar mereka jarang mengetahui bahwa banyak dari mereka menderita sleep apnea.

Apa sih sleep apnea itu?

sleep apnea
Apnea adalah jeda nafas saat tidur. Apnea terjadi ketika saluran nafas kita tertutup sehingga tidak ada udara yang mencapai paru-paru. Siklus sleep apnea dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pertama, kita dapat tidur dengan tenang dan bernafas normal. Udara di saluran napas mengalir dengan mudah ke paru-paru. Kemudian, kita mulai mendengkur keras.

Ini adalah tanda bahwa sebagian jalan napas kita terblokir/tertutup. Dengan napas yang terblokir sebagian berarti udara kesulitan masuk ke paru-paru kita. Berikutnya, saluran napas tertutup sepenuhnya. Tidak ada udara yang mencapai paru-paru.

Otak memberitahu/memberi sinyal untuk bernapas seperti biasa, tetapi kita tidak dapat bernapas karena saluran napas kita tertutup. Nah, ini disebut apnea. Setelah jeda 10-30 detik atau lebih, otak menyadari kita belum bernapas, maka kita pun akan terjaga tiba-tiba untuk mengambil napas. Kemudian kita mengambil napas di udara dan mulai tidur lagi.

Siklus ini dapat terus berlangsung sepanjang malam. Kita bernapas tenang, mendengkur, memiliki jeda nafas, terbangun megap-megap, dan kita mulai bernapas lagi. Banyak orang yang mengalami puluhan atau ratusan peristiwa sleep apnea ini dalam semalam. Ini berarti puluhan atau ratusan kali gangguan tidur. Kita tidak bisa mendapatkan tidur nyenyak yang dibutuhkan agar sehat.

Penyebab Sleep Apnea

Adapun beberapa penyebab yang mengakibatkan terhalangnya sebagian atau seluruh saluran napas saat tidur adalah sebagai berikut:

  • Otot tenggorokan terlalu santai (kendor) sehingga menutupi saluran napas
  • Lidah atau jaringan lemak menutupi saluran napas
  • Anda memiliki saluran napas sempit.

Gejala Sleep Apnea

Ada dua gejala utama yang menunjukan bahwa anda salah satu penderita sleep apnea, yaitu mendengkur dan berhenti bernapas sewaktu tidur.

Dampak Buruk sleep apnea

Penyakit tidur ini dapat menimbulkan masalah kesehatan, kecelakaan, dan kematian dini jika tidak segera diobati.

Seseorang yang menderita sleep apnea berisiko terkena penyakit kardiovaskuler. Gangguan pernapasan yang sering terjadi pada malam hari menciptakan kekurangan oksigen yang dapat merusak otak, jantung dan organ lainnya.

Karena tidak cukup tidur, tubuh seringkali membutuhkan karbohidrat ekstra. Penderita sleep apnea kemudian akan banyak makan sehingga cenderung lebih gemuk. Kegemukan adalah faktor risiko berbagai penyakit.

Penderita sleep apnea merasa mengantuk, selalu lelah, sakit kepala, sulit berkonsentrasi dan kehilangan memori di siang hari karena tubuh dan otak tidak cukup tidur. Hal ini dapat berisiko kecelakaan bila penderitanya mengoperasikan mesin atau kendaraan.

Penyakit ini dapat menyebabkan kematian mendadak karena jantung tiba-tiba berhenti.

Faktor risiko

Ada beberapa faktor yang memungkinkan anda lebih rentan terkena sleep apnea, walaupun sebenarnya semua orang bisa terkena. Diantara faktor tersebut adalah jika anda :

  • Laki-laki.
  • Lebih dari 40 tahun.
  • Kegemukan
  • Memiliki: leher besar/tebal, lidah besar, amandel besar, dagu melipat ke dalam, tenggorokan kecil, atau keluarga beriwayat sleep apnea

Pengobatan Sleep Apnea

obat-obatan
Sleep apnea tidak ada obatnya. Orang yang memiliki sleep apnea ringan dapat terbantu dengan menurunkan berat badan, perawatan gigi atau operasi amandel (jika penyebabnya adalah pembesaran amandel).

Perawatan yang paling efektif bagi penderita sleep apnea parah (yang mengalami lebih dari 30 kali jeda napas per jam) adalah Continuous Positive Airway Pressure (CPAP). Ini adalah perangkat dengan masker hidung yang terhubung ke mesin generator aliran udara.

Dari mesin generator, udara dipompa melalui hidung atau mulut untuk memastikan bahwa saluran napas selalu terbuka sepanjang malam. Tidur dengan CPAP memang tidak menyenangkan, namun itulah satu-satunya perawatan yang seringkali dapat menyelamatkan nyawa.

Umumnya kita akan merasa nyaman saat tempat tidur kita mampu memenuhi kriteria minimal untuk istirahat kita, seperti tempat tidur tersebut empuk; tidak bantat, tidak panas, dan mengikuti alur/gerakan tubuh kita.

Salah satu tempat tidur yang nyaman untuk digunakan adalah tempat tidur yang terbuat dari bahan busa/foam. Di zaman sekarang ini, banyak sekali produk yang menawarkan tempat tidur dengan bahan busa/foam tersebut. Diantara produk tersebut yang kualitasnya tidak diragukan lagi adalah tempat tidur yang bahannya di produksi oleh PT IRC Inoac Indonesia. Mengapa?
Kasur busa produksi Inoac ini merupakan kasur busa dengan formulasi terbaik yang ditangani langsung oleh ahlinya dari Jepang. Sebagaimana kita ketahui, bahwa barang produksi Jepang sudah tidak bisa diragukan lagi kualitasnya. Selain itu, tempat tidur ini memiliki Garansi 10 tahun. Jadi anda tidak perlu risau, jika kasur ini kempes selama masa garansi, maka produk akan diganti dengan yang baru.

Anda berminat untuk membeli kasur busa Inoac?
Silahkan kontak berikut untuk Fast Respon Order

cara membeli kasur inoac
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url