12/09/2013

Tips Mengatasi Gangguan Tidur

  Tips mengatasi gangguan tidur

Anda masih mengalami gangguan saat tidur?

Bagaimana mengatasinya?
Simak ulasan berikut ini.


Bisa kita maklumi jika selama ini orang-orang masih belum bersedia memeriksakan dirinya karena masalah tidur, karena memang di dunia kedokteran pun studi tentang tidur ini boleh dibilang baru, tepatnya berkembang 50 tahun yang lalu. Sementara di Indonesia, baru 5 tahun terakhir ini ada rumah sakit atau klinik khusus untuk menangani gangguan tidur. 


“Penanganan kasus gangguan tidur memang perlu ditangani secara komprehensif yang melibatkan kerjasama tim dokter ahli,” ungkap dr. Andreas Prasadja, dari Sleep Disorder Clinic RS Mitra Kemayoran, Jakarta. 


Jika Anda saat ini mengeluh sulit tidur, maka anda perlu menelusuri dulu penyebab utamanya; apakah berasal dari masalah fisik, psikologis, atau lingkungan. Kalau disebabkan karena stres atau depresi, masalahnya akan ditangani bersama psikiater. Bahkan untuk beberapa kasus, perlu dilakukan sleep study, yaitu observasi saat tidur selama semalam.  Dari hasil observasi ini, barulah bisa ditentukan penanganan yang tepat melalui analisa rekaman,antara lain: gelombang otak, denyut jantung, pergerakan napas, kadar oksigen dalam darah serta gerakan bola mata sampai tungkai. 

Tetapi yang melegakan adalah insomnia atau gangguan tidur lainnya bukanlah sebuah penyakit, melainkan suatu gejala adanya gangguan di dalam tubuh. Dan pada prinsipnya gangguan tidur masih bisa diminimalkan, asal segera ditangani dengan tepat. Misalnya untuk masalah mendengkur, kini dapat dikurangi antara lain dengan menggunakan sebuah masker yang dihubungkan ke semacam alat yang disebut CPAP (Continuous Positive Airway Pressure). Alat ini berfungsi untuk meniupkan udara bertekanan ke jalan napas selama tidur dan menjaganya agar tetap dalam keadaan terbuka sehingga selama tidur tidak terdengar suara dengkuran lagi.

Agar tidur lebih nyenyak

Menurut Sleep Foundation Organization, waktu tidur yang normal untuk orang dewasa berkisar antara 7-9 jam atau rata-rata 8 jam setiap malamnya. Namun tidur yang sehat bukan hanya terletak pada kuantitasnya saja, tetapi juga kualitasnya. Hal ini diukur dari sejauh mana kita bisa tidur nyenyak tanpa gangguan dan bisa merasa lebih segar ketika bangun. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Perbaiki kualitas ranjang.

Cidera punggung adalah masalah serius penyebab orang kurang tidur dan ranjang yang buruk bisa mengakibatkan cidera punggung. Pilihlah jenis kasur yang cukup padat sehingga Anda dapat tidur dengan nyaman dan posisi punggung lurus. 


2. Padamkan lampu.

Usahakan Anda tidur dengan sedikit cahaya di dalam kamar, agar membantu produksi hormon melatonin (hormon penyebab rasa kantuk) dan hormon pertumbuhan (HGH) sehingga tubuh dapat betul-betul beristirahat serta membangun kembali sel-sel tubuh yang rusak.

3. Tidurlah di jam yang sama.

Kebutuhan tidur bersifat sangat individual, dipengaruhi oleh circadian rhythm (jam biologis) seseorang. Dengan kata lain, tidurlah hanya di saat Anda mengantuk. Sesibuk apapun jadwal Anda, biasakan membuat prioritas untuk mengatur jadwal tidur Anda secara teratur setiap harinya. Bahkan di akhir pekan disarankan tidur lebih lama untuk membayar ‘hutang tidur’ Anda. Hanya saja anda tetap tidak boleh kebablasan, karena efeknya justru akan mengacaukan jam biologis kita.

4. Buatlah diri se-rileks mungkin agar Anda bisa cepat tertidur dengan nyenyak.

Pakailah baju tidur yang nyaman dan lakukan ritual relaksasi beberapa saat setiap sebelum tidur, seperti: minum secangkir teh jahe, mendengarkan alunan musik dari suara alam, atau menyalakan lilin aromaterapi sambil melakukan yoga atau meditasi, dan lain sebagainya.

5. Mengkonsumsi suplemen/obat tidur.

Idealnya suplemen/obat tidur hanya boleh dikonsumsi sebagai alternatif terakhir, dan sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter untuk memilih obat atau suplemen yang tepat agar terhindar dari efek samping yang merugikan (seperti ketagihan atau gangguan memori).

Setelah kita simak artikel diatas, ternyata cukup sederhana hal yang harus kita lakukan untuk mengatasi gangguan tidur kita, dimulai dengan tempat tidur yang kita gunakan, hingga penggunaan suplemen atau obat tidur.
Memang, kita jarang sekali memperhatikan hal-hal yang dapat menambah kualitas tidur kita. Kita hanya menyadari bahwa kualitas tidur kita buruk setelah kita merasakan ada sesuatu yang tidak biasa pada tubuh kita.

Pemilihan tempat tidur yang baik tentunya harus kita perhatikan. Karena pada dasarnya, dari tempat tidur inilah kualitas tidur kita, baik atau tidaknya mulai ditentukan. Lalu apakah tempat tidur yang tepat untuk sarana istirahat anda?

Saat ini banyak sekali jenis tempat tidur yang bisa digunakan, mulai dari bahan tradisional (kapuk), spring bed, foam, dan lain sebagainya. Kasur busa Memory Foam merupakan salah satu kasur dengan kualitas terbaik saat ini. Dengan kasur busa Memory foam, kasur senantiasa mengikuti arah gerak penggunanya meskipun lebih dari satu orang. Kasur Busa Inoac merupakan salah satunya.

Kasur busa ini merupakan kasur busa produksi PT. IRC Inoac Indonesia yang ditangani langsung oleh para ahli dari Jepang. Sebagaimana kita ketahui, bahwa produksi Jepang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Dengan teknologi yang dimiliki oleh para ahli dari Jepang, kasur ini lebih awet dan tidak panas saat digunakan, sehingga kenyamanan tidur anda akan terjamin. Kasur busa ini menggunakan foam dengan jenis EON LG D-23, dengan tingkat kekenyalan standar internasional. Dan bagi anda yang baru mau mencoba menggunakan kasur ini, jangan takut, karena PT. IRC Inoac Indonesia memberikan garansi 10 tahun. Maksudnya, jika selama masa garansi produk kasur busa inoac ini kempes, tidak menggembul lagi (bukan karena human error), maka kasur anda akan diganti dengan produk yang baru.

Tertarik dengan kasur busa Inoac?
Silahkan klik disini untuk melihat daftar harga terbaru Kasur Inoac.
Atau untuk informasi dan pemesanan, silahkan klik  menu Pemesanan atau klik gambar dibawah ini
 Klik untuk memesan Kasur Inoac
Load disqus comments

0 komentar