Posisi Tidur yang Baik Bagi Ibu Hamil

Seperti kita ketahui, kehamilan merupakan salah satu kado terindah dalam hidup. Untuk itu, pada masa kehamilan kita akan melakukan berbagai hal yang tentunya dilakukan untuk kebaikan calon buah kita.

Nah, berikut ini Kasur Inoac Tasikmalaya akan membahas mengenai Poisisi tidur ibu hamil yang perlu diperhatikan. Simak ulasan berikut!

Posisi Tidur yang Baik Bagi Ibu Hamil

Pada kehamilan trimester awal, ibu hamil dapat tidur dengan posisi apapun yang dapat memberikan rasa nyaman untuk dirinya, karena perut sang ibu belum membesar. Ibu hamil biasanya mulai cemas ketika memasuki trimester ke dua. 

Namun sebenarnya ibu hamil tidak perlu khawatir, karena sesung-guhnya tubuh ibu di ciptakan begitu unik sehingga dapat memberikan perlindungan. Selain itu, bagi janin dalam kandungan juga tidak akan pernah merasa tak nyaman karena keberadaannya mengapung dalam cairan ketuban dan mempunyai ruang sendiri untuk bergerak bebas. Walaupun begitu ibu hamil juga harus hati-hati dalam memilih posisi tidur.

Ada dua posisi tidur yang harus Ibu perhatikan.

1. Tidur Dengan Posisi Tengkurap

Tidur dengan posisi ini sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Tapi biasanya pada pascakehamilan trimester pertama, karena adanya pembesaran payudara dan juga rangsang payudara yang lebih sensitif akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. 

Pada saat di mana perut ibu mulai membesar (awal 14 minggu), tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar.

2. Tidur Dengan Posisi Terlentang

Jika usia kehamilan sudah mencapai 16 minggu, ibu hamil dianjurkan untuk tidak tidur dengan posisi terlentang, karena dengan tidur posisi terlentang Ibu akan meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. 

Tidur posisi terlentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir,dan gangguan pencernaan, serta mengganggu pernapasan dan sirkulasi. Posisi tidur terlentang pada trimester kedua dan ketiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. 

Untuk beberapa wanita, dapat menyebabkan penurunan darah yang membuat mereka merasa pusing, atau untuk yang lain malah ada yang meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi, tidur pada posisi terlentang sangat tidak dianjurkan.

Lalu posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik?

Sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil. Tapi sangat dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior) dibagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung yang juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki, dan tangan.

Tidur posisi miring ke kanan juga baik. Ibu hamil dapat mengganti posisi ke kanan dan ke kiri untuk membuat anda tidur lebih nyaman. Jika anda terbangun di malam hari dan menemukan ternyata anda tidur terlentang, Anda jangan khawatir karena anda tidak melakukan sesuatu yang mencelakai bayi anda. Kembali saja pada posisi miring. 

Lagipula pada kehamilan lanjut, di mana perut sudah membesar, akan disertai kondisi lain seperti kram, sering kencing, kontraksi palsu, bayi yang menendang perut, rasa asam lambung yang meningkat yang akan menyebabkan ibu hamil akan terbangun beberapa kali di malam hari. Karena itu ibu hamil sudah pasti akan berubah posisi tidur beberapa kali dan otomatis tidak seterusnya tidur dengan posisi terlentang.

Tips lainnya, untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman adalah dengan meletakkan bantal diantara dengkul anda dan satu di punggung. Atau Ibu dapat membeli bantal khusus ibu hamil.

Setelah kita baca artikel diatas, ternyata banyak hal-hal yang perlu kita perhatikan saat masa kehamilan, termasuk diantaranya posisi tidur. Karena tentulah tidak mudah memposisikan tidur yang baik bagi janin serta yang dapat memberikan kenyamanan buat sang Ibu.

Berbicara soal kenyamanan, tempat tidur juga dapat mempengaruhi hal itu. Mengapa? Karena suka tidak suka, tempat tidur adalah kunci pertama kenyamanan tidur anda. Bandingkan saja, anda tidur di lantai dan anda tidur di kasur yang empuk. 

Dengan posisi tidur seperti apapun, kami yakin bahwa tidur di kasur yang empuk tentulah lebih terasa nyaman. Tapi yang perlu anda ketahui adalah semua kasur itu belum tentu nyaman. Kadang kita jumpai kasur yang lembek, bantat, bahkan ada juga yang membuat tubuh kita serasa panas.

Dengan semakin mutakhirnya teknologi saat ini, telah banyak ditemukan berbagai inovasi untuk memberikan kenyamanan saat tidur. Salah satunya adalah dengan ditemukannya jenis tempat tidur Memory foam. 

Dengan tempat tidur jenis ini, anda akan merasa lebih nyaman karena tempat tidur senantiasa akan mengikuti gerak tubuh anda meskipun yang menggunakan tempat tidur tersebut lebih dari satu orang. Lalu tempat tidur seperti apa yang termasuk kedalam jenis Memory foam?

Salah satu tempat tidur yang termasuk kedalam jenis tersebut adalah Kasur busa/foam produksi PT. IRC Inoac Indonesia. Kasur busa ini merupakan hasil karya orang Jepang yang turun tangan langsung dalam produksinya. 

Dengan komposisi/formulasi yang tepat, Kasur Inoac memberikan kepuasan kenyamanan bagi tidur anda.

kasur busa inoac tasikmalaya

Kasur ini berbahan foam jenis EON LG yang memiliki density 23, dimana density tersebut sesuai standard internasional. Kasur busa ini lebih awet dan tidak panas saat digunakan, malah terasa sejuk di badan. Dan tentunya, kasur ini akan terbebas dari kutu.

Anda tertarik untuk membeli kasur Inoac? Silahkan Hubungi nomor berikut untuk Fast Respon Order
cara pesan kasur inoac tasikmalaya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url