Manfaat Istirahat yang Cukup

Apakah istirahat kita cukup?

Apa saja sih manfaatnya jika kita cukup istirahat? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Salah satu khasiat yang kita rasakan dengan istirahat yang cukup adalah  kembalinya kesegaran tubuh saat lelah beraktifitas seharian lewat aktifitas tidur malam.

Bukan hanya sekedar rutinitas yang dijalan dalam kehidupan, tidur juga merupakan kebutuhan harfiah seseorang karena saat tidur itulah seseorang mengistirahatkan tubuhnya dari berbagai beban aktifitas.

sleeping woman

Istirahat yang cukup akan memberikan waktu pada organ tubuh kita seperti otak yang terus berfikir sampai lebih dari 15 jam, otot anggota gerak yang telah bergerak beratus kali dan sebagainya ini, untuk berhenti bekerja sejenak. Kegiatan yang berhenti sejenak tersebut memberikan manfaatnya untuk kesehatan.

Saat tidur malam bukan hanya sekedar kebutuhan biologis makhluk hidup, namun lebih bertujuan kepada tahap regenarasi tubuh di setiap harinya. Dalam tahap fase pertumbuhan manusia, kebutuhan terhadap istirahat yang cukup ini berbeda-beda namun, memiliki keutamaan yang kurang lebih sama untuk kesehatan tubuh, seperti berikut ini :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Sistem imunitas tubuh merupakan unsur kekebalan tubuh yang mengahadang penyerangan virus atau bakal penyakit pada tubuh. Pada waktu tidur, alam akan dihasilkan hormon meletonin sebagai antioksidan yang menangkal bibit penyakit dan radikal bebas. Melatonin akan optimal diproduksi tubuh saat cahaya gelap sehingga, matikan lampu saat tidur agar produksi hormonnya meningkat.

  • Waktu untuk toksin racun

Racun mungkin bisa terbawa masuk ke dalam makanan yang masuk saat kita konsumsi. Saat tidur merupakan waktu yang sangat tepat dan dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membuang racun. Proses pengeluaran racun ini terjadi pada waktu tidur malam pada waktu-waktu tertentu, sehingga jangan kacaukan waktu biologis tidur anda agar proses toksin ini tidak terganggu.

  • Melancarkan Pencernaan

Saat tidur organ pencernaan akan maksimal bekerja, terlebih lagi organ lambung. Lambung akan menguras isi lambung karena gerak peristaltik dan getah pencernaan yang meningkat. Sebaiknya anda tidak makan menjelang tidur. 

Secara alami asam lambung meningkat saat tidur. Jika lambung penuh makanan maka asam lambung akan semakin banyak dan mengakibatkan sakit maag. Untuk menghindarinya, tidurlah dua jam setelah makan.

  • Mengoptimalkan Kemampuan Otak

Daya konsentrasi yang meningkat juga merupakan manfaat istirahat yang cukup karena pengaruhnya terhadap hormon kecerdasan otak yaitu noradrenalin dan serotonin. Ketika dua hormon ini jika menurun, maka konsentrasi anda juga akan menurun.

Kedua hormon ini dipulihkan dengan tidur. Jika tidur anda terganggu malah hanya akan memperburuk kemampuan otak.


Manfaat Istirahat Yang Cukup Diperoleh Dari Tidur Malam

Bagaimanapun lamanya anda tidur siang, tidak akan bisa menggantikan manfaat istirahat lewat tidur malam. Pada kondisi biologis tidur malam ada hormon-hormon yang tidak bisa optimal dihasilkan pada tidur siang.  

Kondisi disiang hari adalah waktu lingkungan sekitar beraktifitas yang tentu saja tidak setenang dan senyaman tidur malam sehingga tidur siang ini sangat mungkin untuk terganggu misalnya, oleh suara bising. 

Selain itu regenerasi sel terjadi saat beristirahat malam yang tidak bisa digantikan saat tidur siang. Jadi meskipun sesibuk apapun aktifitas yang sedang dijalani, jangan lupakan istirahat yang cukup ini dengan tidur malam.

Nah, setelah kita simak artikel diatas, dapat kita simpulkan bahwa ternyata banyak sekali manfaat dari istirahat kita, termasuk dari tidur pada malam hari. Namun, apakah kualitas tidur anda sudah cukup baik? Apakah anda cukup nyaman untuk selama anda mengistirahatkan tubuh anda?

Ini mungkin hal yang spele, tapi tempat tidur yang nyaman juga mempengaruhi kualitas tidur anda juga lho. Tempat tidur yang nyaman lebih banyak memberikan manfaat dan tentunya dengan tempat tidur yang nyaman tersebut anda akan merasa segar kembali saat anda terbangun esoknya. Lalu apakah tempat tidur yang paling nyaman untuk anda?

Disini kami memberikan solusinya.

Mengapa kasur busa Inoac?

Kasur busa produksi PT. IRC Inoac Indonesia ini merupakan kasur busa dengan kualitas terbaik. Berbeda dengan kasur busa lainnya, kasur ini tidak panas saat digunakan, jadi anda bisa istirahat/tidur dengan nyenyak. 

Kasur ini merupakan kasur busa hasil/karya teknologi Jepang yang telah memenuhi standard Internasional. Kita tahu bahwa kualitas produksi Jepang tidak dapat diragukan lagi.

Untuk Informasi harga kasur Inoac, silahkan klik disini.
Untuk Informasi dan Pemesanan, silahkan klik menu Pemesanan atau klik gambar di bawah ini
cara pesan kasur inoac tasikmalaya
# Terima Kasih telah berkunjung ke blog kami ~ Kasur Busa Inoac Tasikmalaya#
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url